Panduan Sangrai Kopi di Rumah

Posted by: ngopi warungUpdated at : Juni 27, 2020
Tags:
Memanggang di rumah berarti Anda dapat minum kopi segar kapan pun Anda mau, bereksperimen dengan asal kopi, dan banyak lagi. Dan sementara k...
Memanggang di rumah berarti Anda dapat minum kopi segar kapan pun Anda mau, bereksperimen dengan asal kopi, dan banyak lagi. Dan sementara kurva belajar mungkin mengesampingkan pada awalnya, kepuasan mengetahui bahwa memanggang dan menyeduh kopi pagi Anda akan membuat semuanya bermanfaat.

Tetapi peralatan apa yang Anda butuhkan? Kacang hijau apa yang harus Anda gunakan? Bagaimana Anda tahu kapan kopi selesai? Apakah Anda membutuhkan pemanggang yang mahal?



Kenapa Harus Sangrai di Rumah

Tidak ada yang memberi Anda kontrol lebih besar atas kopi daripada memanggangnya sendiri. Cinta Kenya? Hebat, Anda bisa memanggang seorang Kenya. Ingin banyak olahan madu? Beli satu dan bakar itu. Ingin kedai kopi lokal Anda menawarkan daging panggang yang lebih terang atau lebih gelap? Lakukan sendiri.

Namun fleksibilitas ini bukan satu-satunya alasan untuk dipanggang di rumah.

Kesegaran adalah faktor besar: beberapa kacang hijau dapat disimpan hingga satu tahun setelah panen tanpa basi. Namun, kacang panggang mulai kehilangan rasa dan aroma setelah hanya beberapa minggu. Membeli hijau dan memanggang dalam jumlah kecil setiap minggu, atau bahkan setiap hari, akan memastikan bahwa kopi Anda selalu tetap segar.

Selain itu, kacang hijau secara signifikan lebih murah daripada yang dipanggang. Dalam jangka panjang, setelah Anda memperbaiki teknik Anda dan memiliki semua peralatan Anda, Anda bisa menemukan diri Anda menghemat sejumlah besar uang.

Memanggang di rumah juga akan membantu Anda memperluas pengetahuan kopi Anda. Anda akan mulai memahami apa yang membuat kopi favorit Anda terasa begitu lezat dan bagaimana Anda dapat mengubah profil panggang Anda atau membeli kacang yang berbeda untuk menyoroti itu. Melalui waktu dan latihan, langit-langit mulut Anda akan meningkat - memungkinkan Anda untuk lebih menghargai kopi Anda.

Apa yang Terjadi Pada Kopi Selama Sangrai

Biji kopi hijau tanpa biji memiliki retensi air yang signifikan. Mustahil untuk menggiling dan menyeduh mereka. Anda juga tidak ingin: mereka memiliki rasa berumput yang khas.

Memanggang memicu berbagai reaksi kimia, menghasilkan pengembangan rasa dan aroma yang lebih membangkitkan selera.

Ketika biji kopi hijau memasuki lingkungan yang panas, kadar air mulai menurun. Ini adalah tahap pertama pemanggangan, dan ini dikenal sebagai tahap pengeringan. Segera memasuki fase ini, kacang mulai menguning. Banyak orang menyebut ini sebagai tahap menguning.

Ketika kacang mulai menjadi gelap, yang dikenal sebagai tahap pencoklatan, bahwa reaksi kimia yang paling penting terjadi: reaksi Maillard, karamelisasi, dan degradasi Strecker. Ini menciptakan banyak senyawa rasa dan aroma, termasuk yang bertanggung jawab untuk kemanisan dan keasaman buah.

Tahap kecoklatan berakhir dengan retakan pertama, yaitu ketika tekanan di dalam biji kopi menyebabkan mereka retak terbuka. Anda akan mengenalinya dengan serangkaian suara berisik.

Akhirnya, semua air di dalam kacang menguap dan mencapai celah kedua. Kopi terus menjadi lebih gelap dan melepaskan lebih banyak aromatik seperti karbon. Sebagian besar gula rusak, dan saat daging panggang berlangsung, minuman akan terasa semakin pahit dengan berkurangnya keasaman.

Panggang ringan sampai sedang biasanya selesai di suatu tempat antara retakan pertama dan kedua. Daging panggang gelap biasanya selesai setelah retakan kedua.

Panduan Sangrai Kopi

Mari kita lihat cara memanggang kopi di rumah, mulai dari memilih kacang hingga menyimpannya.

1. Sumber Biji Kopi

Pada awalnya, Anda mungkin tidak akan tahu kopi mana yang paling Anda sukai. Ini terutama benar jika Anda biasanya meminum campuran rumah. Bereksperimenlah dengan lot kecil hingga Anda menjadi lebih percaya diri dengan pilihan Anda. Paket sampel adalah tempat yang bagus untuk memulai karena biasanya mencakup berbagai wilayah.

Evan memberi tahu saya, “Beberapa forum pembakaran rumah memiliki kelompok pembelian yang akan membagi kantong kopi di antara penggemar yang berlangganan, tetapi cara termudah adalah dengan hanya menemukan kopi online. Misalnya, Royal Coffee menjual 22 pon kotak kopi hijau, Permata Mahkota. ”

Dia menekankan pentingnya mencari sebanyak mungkin tentang kopi, "hanya untuk menjadi sedikit lebih nyaman" ketika membeli dan memanggangnya. Mungkin ada variasi yang signifikan bahkan antara kopi dari asal yang sama, terutama jika itu adalah negara besar atau metode pengolahan dan varietas berbeda.

"Kami menerbitkan banyak informasi tentang masing-masing [Permata Mahkota kami]," tambahnya, "termasuk tanggal panen mereka, pengantar asal dan mikoregion, atribut kopi hijau seperti kadar air dan ukuran layar, dan disarankan metode memanggang dan menyeduh. "

Setelah Anda memiliki kacang hijau, simpan jauh dari sinar matahari langsung di tempat yang sejuk dan kering pada suhu kamar. Ini akan menjaga kesegaran dan kualitas mereka lebih lama.

2. Pilih Metode Sangrai Anda

Ada beberapa cara untuk memanggang kopi panggang, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Untuk memilih di antara mereka, pertimbangkan berapa banyak uang yang ingin Anda habiskan, berapa banyak kopi yang akan Anda panggang, dan berapa banyak kontrol yang Anda inginkan atas variabel pemanggangan Anda.

Oven dan memanggang wajan adalah pilihan yang murah karena Anda mungkin sudah memiliki peralatan. Namun, mereka tidak direkomendasikan untuk pemula karena mereka membutuhkan keterampilan tingkat tinggi untuk mencapai panggang yang merata. Mengontrol aliran udara juga merupakan bagian penting dari pemanggangan, tetapi mungkin sulit dengan metode ini.

"Jika Anda baru saja masuk ke dalamnya, cobalah memanggang di mesin popcorn," kata Evan. “Seri Poppery adalah beberapa yang terbaik untuk pekerjaan itu, atau Anda dapat menemukan yang seperti itu dengan harga sekitar US $ 20. Jika Anda akan langsung mendapatkan emas, coba Aillio Bullet - namun akan dikenakan biaya lebih banyak, ”

Mesin popcorn mudah digunakan dan biasanya menghasilkan daging panggang. Untuk jumlah kecil, mereka adalah titik awal yang bagus. Namun, ingatlah bahwa hal itu akan membatalkan garansi Anda, dan bahwa Anda tidak dapat menggunakannya dengan layar mesh di bagian bawah, karena hal ini dapat menyebabkan kebakaran.

Jika Anda ingin memanggang lebih banyak kopi atau memiliki kontrol lebih besar terhadap prosesnya, Anda harus membeli pemanggang kopi rumahan. Memilih antara berbagai merek dan model akan mengarah pada preferensi pribadi Anda: seberapa besar kapasitas yang Anda inginkan? Berapa banyak kontrol yang Anda inginkan atas daging panggang? Berapa banyak pra-set dan profil panggang yang telah diprogram di dalamnya?

3. Atur Ruang Sangrai Anda

Ventilasi yang baik sangat penting, tidak hanya untuk kualitas panggang Anda tetapi juga untuk keselamatan Anda. Gunakan kipas pengekstrak, buka jendela Anda, dan pertimbangkan memanggang di luar atau di garasi terbuka sehingga asap yang keluar dari kacang bisa keluar.

Anda juga akan membutuhkan beberapa peralatan yang dekat. Timbangan adalah investasi yang bijak, sehingga Anda tahu persis berapa banyak kopi yang Anda bakar per batch. Untuk pengguna mesin popcorn, termometer juga bisa membantu. Evan berkata, "Saya akan menyarankan satu set sarung tangan silikon untuk menangani bahan panas, kipas kecil untuk pendinginan, dan saringan untuk mendinginkan kacang Anda."

4. Sangrai Kopi Anda

Jika Anda membeli roaster rumahan, manual ini akan berbicara kepada Anda melalui berbagai profil. Memulai dengan pra-set bisa menjadi ide yang bagus sampai Anda lebih terbiasa dengan prosesnya. Adapun mesin popcorn, bahkan lebih mudah dioperasikan. Pastikan untuk tidak memenuhi sampai melimpahi dan memiliki tempat bagi sekam untuk melarikan diri.

Mesin roaster udara dan mesin popcorn biasanya memakan waktu 8–12 menit, sedangkan mesin roaster drum membutuhkan waktu 14-20 menit. Sama seperti saat memasak, semakin rendah suhunya, semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Pergerakan kacang yang konstan sangat penting untuk pemanggangan yang merata. Popcorn dan roaster rumahan harus melakukan ini secara otomatis; jika tidak, Anda perlu berbicara dengan pabrikan atau, dengan mesin popcorn, periksa apakah Anda tidak kelebihannya. Untuk memasak wajan, Anda perlu mengaduk kacang sendiri.

5. Pendinginan dan Penyimpanan

Setelah kacang mencapai pengembangan panggang ideal Anda, keluarkan dari panas dan biarkan dingin. Mereka akan terus dipanggang sampai benar-benar dingin, jadi pastikan Anda bertindak cepat. Anda juga ingin menghilangkan sekam, yang merupakan kulit biji kopi kering.

"Jika Anda tinggal di lingkungan yang dingin, gunakan itu untuk keuntungan Anda," kata Evan, menambahkan bahwa ketika ia tinggal di Seattle, ia membiarkan angin di luar mendinginkan kacang.

“Sekarang, saya menggunakan saringan kecil dan kipas angin untuk meniup udara melalui kopi. Ini juga membantu menghilangkan beberapa sekam. Di Behmor [1600, pemanggang kopi rumahan], ada program pendinginan otomatis, tapi saya cenderung mengeluarkan drum sehingga kacang akan mendingin lebih cepat lagi. "

Setelah kacang panggang mencapai suhu kamar, mereka dapat disimpan. "Panas, cahaya, dan oksidasi adalah musuh dari kopi segar, jadi apa pun yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya itu baik," kata Evan kepada saya.

“Secara teknis, cara terbaik adalah menyimpan kopi di dalam kantong yang tertutup rapat dan berlapis. Tetapi jika Anda tidak memiliki persediaan kantong berlapis foil dan penyegel panas, menyimpan kopi panggang Anda di tempat yang sejuk dan gelap dalam wadah kedap udara akan baik-baik saja. "

Jangan langsung menyeduh kopi Anda; Anda harus membiarkannya lebih dulu. "Idealnya, saya suka menunggu setidaknya tiga hari," kata Evan. "Untuk daging panggang yang lebih gelap, Anda ingin menyeduh kopi sedikit lebih dekat dengan tanggal panggang, paling lambat hari ke 10 lebih disukai.

“Untuk daging panggang sedang atau ringan, saya tidak akan menunggu lebih dari sebulan. Beberapa kopi yang sangat pekat yang dipanggang ringan, seperti Kenya atau Ethiopia, mungkin terasa paling enak setidaknya dua minggu setelah tanggal panggang! Karena itu, kenali kopi dan minuman Anda sesering mungkin. ”

Hindari Kesalahan Umum Saat Sangrai

Meskipun memanggang kopi rumahan relatif mudah, ada beberapa kesalahan yang mudah dilakukan yang dapat menyebabkan bencana bagi kacang Anda.

Jangan menikah dengan waktu panggang Anda; Anda mungkin perlu mengubahnya sesekali. Misalnya, memanggang di luar dapat berarti mesin Anda perlu lebih lama untuk melakukan pemanasan. Gagal menyesuaikan diri dengan hal ini dapat menyebabkan kacang yang kurang berkembang dan kurang dipanggang.

Ukuran bets juga dapat mempengaruhi waktu panggang dan suhu ideal. Evan berkata, "Anda mungkin menggunakan batch besar sehingga kacang tidak akan menyerap panas secara merata dalam roaster. Atau, Anda mungkin memanggang dengan sangat cepat sehingga tidak semua kacang bisa mencapai tingkat kecoklatan yang tepat.

“Cobalah menyeimbangkan ukuran bets Anda dan aplikasi panas sampai Anda mendapatkan waktu pengembangan yang cukup lama untuk meratakan daging panggang Anda. Jika waktu panggang Anda sangat lama, dan kopinya masih tidak merata, cobalah kurangi ukuran batch Anda! ”

Menggunakan pengaturan suhu tertinggi untuk mencapai waktu panggang yang lebih cepat dapat menghasilkan kacang hangus. Ingatlah juga, bahwa termometer dapat mengukur suhu udara di dalam sangrai tetapi tidak pada suhu biji itu sendiri. Perhatikan bukan hanya bacaan Anda tetapi juga warna dan aroma kopi, serta retakan pertama dan kedua.

Cara Meningkatkan Performa Roasting Anda

Merasa yakin dengan dasar-dasarnya dan ingin belajar lebih banyak? Inilah saatnya kesenangan dimulai.

Jika saat ini Anda memanggang oven atau menggunakan mesin popcorn, cobalah berinvestasi dalam roaster rumahan - ini akan memberi Anda lebih banyak kontrol atas daging panggang Anda dan memungkinkan Anda untuk mulai bereksperimen.

"Latihan membuatmu lebih baik," kata Evan. "Tidak ada daging panggang yang sempurna, dan itu asyiknya! Anda akan menemukan sesuatu untuk ditingkatkan di setiap panggang yang Anda lakukan, dan tidak ada rasa malu di dalamnya. "

Tetap konsisten dengan variabel Anda sehingga Anda dapat lebih memahami dampak yang dimilikinya. Coba ubah satu faktor pada satu waktu untuk melihat apa yang terjadi dan bagaimana hal itu memengaruhi rasa dan aroma kopi.

Buat jurnal pemanggangan. "Setiap panggang yang Anda lakukan harus didokumentasikan sehingga Anda dapat melihat ke belakang untuk melihat apa yang paling berhasil," kata Evan. "Anda akan mulai melihat pola, dan dapat memprediksi bagaimana kopi Anda akan bereaksi terhadap proses pemanggangan."

Semakin Anda menjadi berpengalaman, semakin Anda akan mengerti apa yang terjadi selama panggang. Evan merekomendasikan "mengenal mesin Anda dan kopi Anda" sehingga Anda dapat lebih mengenali dan memahami hal-hal seperti crack pertama.

Panggang berbagai macam asal kopi, varietas, dan proses sehingga Anda dapat lebih memahami kemampuan Anda. Sesuatu yang mungkin tidak memiliki dampak signifikan pada kopi Guatemala mungkin secara dramatis mengubah profil seorang Rwanda.

Dan akhirnya, bersikaplah realistis. "Anda tidak akan pernah membuat kopi Kolombia yang terasa seperti Ethiopia atau kopi Brazil yang terasa Kenya melalui pemanggangan," kata Evan kepada saya. "Dapatkan yang terbaik dari kopi Anda, tetapi jangan berharap alkimia!"

Memanggang di rumah mungkin tampak seperti langkah yang menakutkan, tetapi Anda akan menemukan bahwa itu sangat mudah - belum lagi menyenangkan. Memanggang kacang Anda memungkinkan Anda untuk membuat produk Anda sendiri yang disesuaikan, dan itu sangat bermanfaat.

Title : Panduan Sangrai Kopi di Rumah
Description : Memanggang di rumah berarti Anda dapat minum kopi segar kapan pun Anda mau, bereksperimen dengan asal kopi, dan banyak lagi. Dan sementara k...